Jumat, 29 Desember 2017

Keindahan Curug Leuwi Hejo Bogor Sebagai Primadona Wisata Alam Bogor

Kampungrimba.com - Bogor tidak hanya terkenal sebagai kota hujan, kota asinan maupun kota talas. Bogor juga terkenal sebagai kota wisata alam dengan keindahan alamnya. Hal ini tidak terlepas dari letak Bogor yang berada dikaki Gunung Salak sehingga bermunculan banyak sekali wisata alam yang kini sudah maupun sedang dikembangkan oleh Pemda maupun pihak swasta. Satu dari sekian banyak wisata alam di Bogor yang cukup termashur adalah Curug Leuwi Hejo Bogor. Letaknya berada di Desa Mangun Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang.

Curug Leuwi Hejo

Untuk menuju kawasan wisata ini, Anda dapat mengaksesnya melalui pintu masuk Jungle Park Sentul. Sebelum menikmati keindahan Curug Leuwi Hejo Bogor, Anda akan dikenai biaya masuk sebesar Rp.15.000 per orang di gerbang masuk pertama. Untuk masuk ke pos dua, Anda dapat menggunakan sepeda motor, sedangkan apabila Anda membawa mobil, Anda dapat menggunakan jasa sewa motor maupun ojek dengan terlebih dahulu memarkirkan mobil Anda di pos satu. Jarak antar pos satu dengan pos dua kurang lebih 300m melalui jalan turunan.

Keindahan Curug Leuwi Hejo Bogor ditopang juga oleh curug lain seperti Curug Cepet, Curug Leuwi Liuk dan Curug Barong. Curug Cepet misalnya merupakan curug pembuka sebelum masuk di kawasan Curug Leuwi Hajo. Curug ini dapat ditempuh sekitar 30-40 menit dengan berjalan kaki.

Penamaan Curug Cepet tidak terlepas dari kondisi curug yang diapit oleh dua tebing sehingga disebut “cepet”. Bagi wisatawan umumnya, curug ini kurang menarik karena debit air yang kecil dengan tinggi 1,5m dan kolam sedalam 1 m. Sesampinya di Curug Cepet Anda akan dikenai biaya perawatan sebesar Rp.5.000 dan apabila Anda berniat untuk menginap disekitar wilayah curug ini akan dikenai biaya sebesar Rp.40.000 per orang.

Selanjutnya Anda kan melewati Curug Leuwi Liuk sebelum masuk kawasan Curug Leuwi Hejo Bogor. Untuk memasuki kawasan ini, Anda dapat menjangkaunya dengan berenang dari Curug Cepet melalui aliran sungai, sedangkan jalur darat dilewati dengan mendaki tangga yang telah disediakan pengelola. Dari segi efisiensi tentu dengan jalur air jauh lebih cepat, namun apabila Anda membawa barang tentu harus merelakan barang Anda basah, sedangkan dengan jalur darat tentu akan memakan waktu dan sangat melelahkan. Curug Leuwi Liuk berarti kolam yang berbelok dengan kedalaman kolam 1,5m-2m sedangkan tinggi air terjun yakni 2-3m.

Setelah Anda menikmati keindahan Curug Leuwi Liek yang mirip dengan Green Canyon dengan batu-batu tebing disekitar aliran sungai ditambah air sungai yang berwarna hijau, kini Anda dapat melanjutkan perjalanan untuk menikmati keindahan Curug Leuwi Hejo Bogor.

Awal mula nama curug ini yakni “Hejo” yang berarti hijau karena air kolamnya yang berwarna hijau. Air terjun ini memiliki tinggi 4-7m dengan kolam sedalam 3,5m. Jika Anda ingin menguji adrenalian Anda, Anda dapat menaiki tebing dan meloncatinya.

Fasilitas yang disediakan dikawasan ini yakni musholla, toilet, tempat parkir serta pengamanan dari tim SAR. Jam yang efektif untuk mengunjungi kawasan ini yakni pukul 09.00-17.00. Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan di curug ini, karena dalam kawasan ini berjejer warung makanan.

Sebagai tips wisata Anda ke Curug Leuwi Hejo Bogor, Anda dapat menggunakan alas kaki yang nyaman dan anti slip, apabila cuaca buruk segera tinggalkan kawasan wisata, siapkan uang receh karena sepanjang kawasan wisata banyak terjadi pungli serta siapakan baju ganti.