Keindahan Curug Parigi Bekasi Yang Membuat Penasaran

Kampungrimba.com - Keindahan Curug Parigi Bekasi memang belum begitu popular jika dibandingkan dengan wisata wisata alam yang lain. Jika berbicara tentang tempat wisata alam yang cocok untuk berakhir pekan, mungkin yang terlintas bagi sebagian besar mayarakat kota adalah mengunjungi wisata puncak Bogor, ataupun Bandung.

Curug Parigi


Tak perlu jauh jauh hingga Bandung ataupun Bogor, bagi Anda yang ingin berekreasi menikmati suasana gemericik air, lokasi wisata Curug Parigi di kota Bekasi bisa menjadi alternatif Anda menghabiskan akhir pekan. Sebenarnya, Curug Parigi telah menjadi salah satu lokasi wisata alam di Kota Bekasi sejak tahun 80-an.

Tapi, berbicara soal keindahan Curug Parigi Bekasi, curug ini biasa disebut sebagai Niagara mini di Indonesia. Curug Parigi berlokasi di Desa Cikuiwul, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi. Jika kita mendengar kata Bantar Gebang, mungkin pertama kali yang terlintas adalah keberadaan lokasi pembuangan sampah.

Padahal terdapat lokasi wisata yang menarik disana. Curug ini juga menjadi lokasi syuting FTV, sinetron, reality show hingga film layar lebar. Mungkin Anda pernah melihat film Dia Sang Penakluk yang dibintangi oleh Suzana, nah, Curug Parigi menjadi salah satu lokasi syuting film layar lebar tersebut. Selain itu, Curug Parigi juga terkenal di sosial media karena banyak anak muda yang mengunggah swafoto mereka di lokasi wisata.

Kepopuleran di sosial media inilah yang saat ini mendorong pemkot Bekasi untuk perlahan mengembangkannya. Sehingga curug Parigi menjadi lokasi wisata alam yang ideal untuk menikmati keindahan Curug Parigi Bekasi ditengah hiruk pikuk kota metropolitan.


Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Jakarta Timur, Anda dapat langsung menuju Pasar Bantar Gebang. Kemudian sesampainya di Pangkalan TNI Batalyon Armed 7, kurang lebih 300 meter Anda akan menemukan gang di sebelah kanan. Ikuti jalan hingga sampai di lokasi wisata Curug Parigi. Atau dari arah manapun, Anda harus menuju ke Jalan Raya Narogong lalu masuk ke dalam gang jalan Pangkalan 5. Dari sana, Anda akan melintasi jalan sepanjang dua km yang sudah di cor.

Jalan tersebut cukup sempit, tapi masih cukup untuk satu mini bus. Ikuti gang hingga menemukan plank tulisan “Curug Parigi” yang ditempelkan di sebuah pohon di sebelah kanan jalan. Untuk masuk ke lokasi wisata Curug Parigi, Anda dikenakan tarif masuk tempat wisata sebesar Rp. 5.000 untuk sepeda motor, Rp. 3.000,- untuk sepeda, sedangakan tarif Rp. 10.000,- dikenakan untuk pengunjung yang menggunakan mobil.

Sedikit berbeda dengan Niagara Falls, keindahan Curug Parigi Bekasi sangat unik. Salah satu sisi keunikannya adalah keindahan curug Parigi sangat ditentukan oleh debit air yang mengalir di sungai. Pada musim kemarau, hanya sebagian dari spot curug yang dilewati oleh aliran air.

Sedangkan saat musim hujan, semua bagian dari curug akan dialiri oleh air sungai sehingga mirip sekali dengan penampakan air terjun niagara. Kunjungi wisata ini saat musim hujan, debit air yang besar akan semakin membuat wisata Curug Parigi lebih indah.

Sayangnya, seringkali ditemukan sampah dipinggir curug yang terbawa oleh aliran sungai dari kota. Terdapat beberapa bagian dari Curug Parigi yang tidak boleh Anda gunakan untuk berenang karena memiliki kedalaman yang cukup dalam. Pengunjung hanya boleh berada di curug paling kiri dan curug tengah yang mirip niagara. Jadi, saat berwisata menikmati keindahan Curug Parigi Bekasi.

Postingan populer dari blog ini

BUMI PERKEMAHAN/CAMPING GROUND PRAMUKA DAN PELAJAR DI PUNCAK BOGOR

TEMPAT OUTBOUND DAN CAMPING POPULER DI PUNCAK BOGOR | OFFICIAL KAMPUNG RIMBA

TEMPAT CAMPING DI CISARUA BOGOR|LOKASI LDKS RETREAT OUTBOUND DI BOGOR